Cara Mencari Recehan di Internet #1 - Survey Online

Halo, apa kabar? Papibro kali ini akan share tentang salah satu cara survival saya dari dunia internet. Jutaan orang bahkan tidak menyadari ..... Lah malah ngiklan trading online 🙉. Tenang saja, saya ngga akan ngasih tips abal-abal yang berujung MLM atau investasi bodong. Buat kamu yang tidak memiliki skill IT misalnya coding dan design, yang tidak berbakat untuk nyari proyek freelance, tips ini cocok banget buat kamu!


Mencari recehan di internet #1 - Survey Online


Apa itu survey online? Survey Online adalah survey yang dilakukan secara online. Ya! Sesederhana itu. Saat ini banyak sekali platform survey online berbayar, yang target pasarnya adalah korporasi atau perusahaan yang membutuhkan responden untuk riset mereka. Misalnya nih, kenapa oreo mengeluarkan produk oreo mini? Atau pernah tau nggak cara sebuah event besar skala nasional mengevaluasi event mereka? Ada salah satu metode mereka yaitu melakukan survey online yang diisi responden-responden online seperti saya.

Tentu tidak sembarang responden yang bisa mengisi survey tersebut. Ada kualifikasi tertentu yang ditanyakan sebelum kita lolos untuk mengikuti survey, misalnya pekerjaan, usia, domisili, dll tergantung dari target penyelenggara survey. Jika kita selesai mengisi survey, biasanya 15 menit tapi saya pernah rekor 40 menit, kita akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan saldo PayPal. Nanti dari PayPal kita bisa mencairkan ke rekening di beberapa bank di Indonesia.

Lalu apa saja platform survey online? Simak terus ya!

1. Toluna Indonesia (www.id.toluna.com)


Toluna Landing Page


Toluna merupakan salah satu platform survey online global yang sudah berbahasa Indonesia. Enaknya Toluna karena sudah menyasar market Indonesia, poin yang didapatkan dari Toluna sudah bisa langsung digunakan untuk saldo di Tokped, Indomaret, dll. Untuk penukaran poin, saya belum pernah nyoba withdraw ke selain PayPal, jadi belum bisa ngasih review.

Dan lagi, Toluna Indonesia juga memiliki mobile apps. Ini cocok banget buat kamu yang pengennya rebahan tapi menghasilkan duit. Ini cocok pula buat sahabat Papibro yang suka naik KRL atau busway. Sambil gelantungan dempet-dempetan kayak dawet, sekalian ngisi survey buat tambah-tambah isi rekening 😁

2. Opinion World (www.opinionworld.co.id)


OpinionWorld Landing Page

Platform Opinion World adalah salah satu platfrom survey berbahasa Indonesia. Di platform ini, imbalan yang didapatkan yaitu US$2 untuk 200 poin, yang bisa didapatkan dari mengisi 2 hingga 3 survey, tergantung tingkat kompleksitas surveynya. Pastikan email yang didaftarkan di platform ini sama dengan email PayPal kita. Jumlah survey nya tidak terlalu banyak, mungkin sekitar nambah 1 hingga 3 survey per minggu, yang notifnya akan muncul di email kita.

3. iPanel (www.id.ipanelonline.com)


iPanel Landing Page


iPanel juga merupakan platform survey internasional yang sudah berbahasa Indonesia meskipun bahasa Indonesianya masih "aneh". Sepertinya iPanel berasal dari daratan Tiongkok, karena ada beberapa error alert nya pas salah ngeklik munculnya dengan bahasa mandarin.

Untuk poinnya sendiri, iPanel mengkonversi per 10.000 poin dengan IDR 100.000 yang dikirimkan via PayPal. Untuk mendapatkan poin 10.000, setidaknya kita harus mengisi kurang lebih 8 hingga 12 survey.


Sebenarnya masih banyak platform survey yang lain. Ada YouGov, SurveyOn, Mobrog, ViewFruit, dan Global Test Market, tapi lain kali aja ya review-nya. Pasti dong ada pertanyaan, bisa dapat berapa sebulan mainan survey online? Kalo ngisinya cukup rajin ketika ada notif baru di email, bisa terkumpul 800rb hingga 1 juta, lumayan buat tambah-tambah bayar listrik dan kebutuhan dapur.

Thank you guys, semoga menambah informasi baru!

Post a Comment

0 Comments